Desainer Laptop Pertama Wafat Diusia 69 Tahun

Desainer Laptop Pertama Wafat Diusia 69 Tahun




Bill Moggridge, sang peranc`ng komputer portable dengan flip pembuka layar yang umum digunakan hingga kini, wafat pada usia 69 tahun. Menurut Smithsonoan Cooper-Hewit, National Design Museum di mana Moggridge menjabat sebagai direktur sejak 2010, desainer dalam bidang industri kelahiran Inggris tersebut meninggal karena kanker beberapa hari lalu.


Pada tahun 1979 Moggridge merancang Grid Compass, jenis komputer clamshell dengan layar yang dapat melipat di atas keyboard. Grid Compass dianggap sebagai laptop pertama yang memulai debut tahun 1982 dengan harga $8.150.

Casing Grid Compass terbuat dari magnesium alloy, serta dilengkapi dengan prosesor Intel 8086, display electroluminecent beresolusi 329x240 pixel sekaligus modem 1.200bps dan mengunakan sistem operasi khusus yang dipasarkan secara terbatas untuk militer AS. Grid Compass sempat dibawa ke ruang angkasa ketika NASA mulai menggunakan pesawat ruang angkasa Discovery pada tahun 1985.

Sejak saat itu, hampir semua laptop menggunakan beberapa elemen dari rancangan clamshell Moggridge. Sayangnya nama Moggridge tidak muncul dalam paten clamshell, sebaliknya hak paten dimiliki oleh Grid yang kemudian diakusisi oleh Tandy pada tahun 1988.

Di tahun 1991 sang pionir menembus batasan antara hardware dan desain interface dengan mendirikan perusahaan konsultan desain IDEO. Moggirdge juga diangkat sebagai profesor bidang desain di universitas Stanford mulai tahun 1983 hingga 2010 dan menjadi dosen tamu  universias Royal College of Art di London pada tahun 1993. Moggridge juga menulis buku berjudul “Designing Interaction” yang diterbitkan pada tahun 2006.

Moggridge memperoleh penghargaan Liftime Achievement Award pada tahun 2009, serta Prince Philip Designer Prize pada tahun 2010.

Pos populer dari blog ini

DAFTAR NILAI ULANGAN HARIAN-1 KELAS XII ON-LINE